Mengenal Geopark Kaldera Toba di Sumatera Utara

Geopark

Mengenal Geopark Kaldera Toba di Sumatera Utara, yang merupakan sebuah konsep managemen sumber daya keragaman bumi (geodiversity) sebagai daya tarik wisata yang mencakup geologi, biologi, sosial-budaya dan pariwisata.

Danau Toba dikelilingi batuan yang merupakan hasil dari letusan gunung api dan danau merupakan hasil dari kaldera volkanik dengan 3 kali letusan besar yang diperkirakan terjadi pada 840 ribu tahun, 501 ribu tahun dan 75 ribu tahun lalu.

Nirwana Wisata

Geoarea

Mengenal Geopark Kaldera Toba di Sumatera Utara juga meliputi Geoarea yang merupakan kumpulan dari beberapa geosite yang berada dalam satu kawasan. Sebaran Geosite dari Geopark Toba ini, meliputi 7 kabupaten yaitu :

  1. Kabupaten Samosir
  2. Kabupaten Simalungan
  3. Kabupaten Toba Samosir
  4. Kabupaten Tapanuli Utara
  5. Kabupaten Humbang Hasundutan
  6. Kabupaten Dairi
  7. Kabupaten Karo

Akses menuju Geopark

Akses untuk mencapai Geopark ini adalah Medan yang merupakan pintu gerbang utama, dengan bandara International Kualanamu menjadi bandara utama yang ada di Sumatera Utara.

Ada beberapa cara untuk menikmati keindahan Geopark yang tersebar di berbagai kawasan Danau Toba. Adapun opsi lain yang lebih menghemat waktu untuk mencapai geopark ini adalah melalui bandara Silangit atau Sisingamangaraja XII Internatioanl Airport yang ada di Siborong-borong, Tapanuli Utara.

Dengan melalaui bandara Silangit, kita akan dengan cepat untuk segera mencapai situs Geopark Kaldera Toba yang ada di Sumatera Utara ini.

flight schedule from to silangit

4 Geoarea di Kaldera Toba

  • Geoarea Porsea
    Geoarea Kaldera Porsea yang berada disebelah timur meliputi Geosite di Parapat (Kabupaten Simalungan) sampai Porsea (Kabupaten Toba Samosir) yang terjadi 840 ribu tahun yang lalu.
  • Parapat Welded (YTT), Taman Eden Meta-Sediment
  • Geoarea Haranggaol
    Geoarea Kaldera Haranggaol, berada diarea disebelah utara meliputi Geosite di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo dan Kabupaten Dairi, yang terjadi sekitar 501 ribu tahun yang lalu.
  • Geoarea Sibandang
    Geoarea Kaldera Sibandang, berada diarea sebelah selatan, meliputi Geosite di Kabupaten Tapanuli Utara dan Humban Hasundutan, yang terjadi pada 74 ribu tahun yang lalu.
  • Geoarea Samosir
    Geoarea Kaldera Samosir yang berada dibagian tengah, meliputi Geosite di Kabupaten Samosir. Dasar dari kaldera terangkat membentuk sebuah pulau yang kini bernama pulau Samosir yang berada ditengah-tengah danau dan terjadi pada 33 ribu tahun yang lalu.

Paket Tour Danau Toba

Leave a Reply

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp